Cara Memperkuat Dan Meningkatkan Daya Jantung Yang Lemah

Cara Memperkuat Dan Meningkatkan Daya Jantung Yang Lemah – Jantung yang lemah dapat didefinisikan sebagai kondisi jantung yang bekerja secara tidak optimal sehingga mengalami penurunan proses pemompaan darah. Biasanya, lemah jantung diderita oleh orang-orang yang pernah mengalami sakit parah sebelumnya yang berakibat pada lemahnya jantung. Ada juga yang mempunyai jantung lemah secara bawaan dari lahir. Dan tentu saja, kondisi ini tidak dapat dibiarkan begitu saja karena dapat berakibat fatal seperti kematian.

cara-memperkuat-dan-meningkatkan-daya-jantung-yang-lemah

Pastilah anda sekarang bertanya-tanya bagaimana meningkatkan daya jantung anda yang lemah. Caranya yaitu dengan menjalani pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang seperti apa? Berikut merupakan beberapa cara untuk memperkuat dan meningkatkan daya jantung yang lemah.

1. Olahraga Ringan Secara Rutin
olahraga
Olahraga ringan secara rutin terbukti dapat ampuh untuk memperkuat jantung yang kinerjanya lemah. Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan yaitu senam aerobik ringan yang dapat meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan kondisi jantung yang kuat, perlu dilakukan minimal dalam waktu 30 menit. Kemudian, kegiatan ini dilakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu. Alhasil, jantung anda akan lebih terpacu dan lebih kuat dari sebelumnya.

Ada alasan tertentu mengapa senam aerobik dapat meningkatkan kinerja jantung anda. Aerobik ternyata dapat mengurangi respon berlebihan di dalam aktivitas tubuh. Ketika respon berlebihan di dalam tubuh atau jantung menurun, jantung tidak akan terkejut dalam menjalankan fungsinya. Akibatnya, jantung dapat bekerja lebih optimal dari sebelumnya.

2. Say No To Rokok!
stop-merokok
Rokok sepertinya sudah menjadi gaya hidup masyarakat kini. Padahal, rokok merupakan musuh terbesar dari jantung anda. Rokok mengandung berbagai macam zat (tidak disebutkan disini) yang benar-benar berbahaya bagi tubuh karena dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner. Ada juga zat CO2 yang dapat melemahkan kinerja jantung.

Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki jantung yang lemah, sadarlah mulai sekarang. Jantung anda lemah, jangan memperparahnya lagi dengan mengonsumsi rokok. Biasakan gaya hidup tanpa rokok mulai dari sekarang.

3. Berat Badan Yang Ideal
berat-badan-ideal
Mengapa berat badan mempengaruhi kinerja jantung anda? Bayangkan saja bila anda merupakan seorang yang mengalami obesitas. Anda akan mudah lelah bukan? Hal tersebut dikarenakan kinerja organ-organ tubuh anda bekerja lebih keras ketika obesitas, khususnya jantung. Apalagi jika jantung yang lemah, kinerja yang keras tersebut akan membuat kemungkinan jantung anda berhenti lebih besar. Oleh karena itu, kurangilah berat badan anda dengan berolahraga supaya dapat memperoleh berat badan yang ideal.

4. Konsumsi Makanan Sehat
makanan-sehat
Kurangilah makanan-makanan kaleng dari pabrik karena mengandung banyak lemak serta bahan-bahan pengawet yang dapat memperparah jantung anda yang lemah. Mulailah gaya  hidup dengan mengonsumsi buah ataupun sayuran yang menyehatkan.

Semoga beberapa cara memperkuat dan meningkatkan daya jantung yang lemah di atas dapat bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *