Cara Mengobati Mata Bengkak

Bengkak pada kelopak mata terjadi karena adanya penumpukan cairan pada jaringan di area kelopak mata/sekitar mata. Kondisi ini juga kadang disertai dengan rasa nyeri atau gatal. Penyebab bengkak pada kelopak mata antara lain karena alergi (makanan, minuman, obat, atau benda asing lainnya), peradangan atau infeksi pada kelopak mata, serta gangguan tiroid seperti penyakit Graves’. Bengkak pada kelopak mata tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

Pengobatan kondisi bengkak pada mata tentunya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Bila disebabkan oleh infeksi maka diperlukan antibiotik dalam bentuk tetes mata atau salep mata. Penggunaan antibiotik tentunya harus berdasarkan rekomendasi dokter. Dokter akan memeriksa seberapa berat infeksi yang Anda alami, apa jenis kuman penyebabnya, serta menentukan dosis dan jangka waktu pemakaian antibiotik yang tepat sesuai kondisi Anda.  Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala bengkak pada kelopak mata antara lain:

  1. Kompres

Gunakanlah kain/handuk bersih yang dibasahi dengan air dingin. Kompres mata dilakukan sebanyak 2 kali sehari selama 15 menit.

  1. Mencuci area kelopak mata

Cucilah area mata dengan lembut hingga bersih untuk menghilangkan kotoran yang keluar atau yang menempel pada kelopak mata.

  1. Mengistirahatkan mata

Istirahatkan mata Anda hingga gejala membaik dan jangan menggunakan lensa kontak atau riasan mata. Posisi tidur yang disarankan adalah tinggikan kepala Anda agar tidak terjadi penumpukan cairan di area mata.

  1. Menjaga kelembaban mata

Untuk merawat mata kering dan menjaga mata agar tetap lembab Anda dapat menggunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan. Produk ini dapat Anda beli secara bebas di Apotek, rumah sakit, atau tempat pelayanan kesehatan lainnya.

Anda harus memeriksakan diri ke dokter apabila keluhan kelopak mata bengkak tidak membaik setelah 24 hingga 48 jam karena umumnya kelopak mata bengkak dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 atau 2 hari. Selain itu, bila muncul keluhan mata terasa sakit, pandangan mata menjadi kabur atau menurun, atau terasa seperti ada sesuatu yang menempel pada mata Anda maka disarankan untuk segera konsultasi ke dokter.

Sumber: https://www.webmd.com/eye-health/eyelid-inflammation-blepharitis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *