Hepatitis A

Sobat, ada yang tahu tentang penyakit hepatitis A? Atau malah ada yang sudah pernah mengalaminya? Hepatitis A merupakan suatu kondisi peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Penyakit ini ditularkan secara fekal-oral, artinya virus masuk ke dalam saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang sudah tercemar tinja dari penderita hepatitis A.

Virus ini akan mengganggu fungsi hati atau liver dan ditandai dengan peningkatan enzim liver SGOT dan SGPT berkali-kali lipat dari nilai normal. Gejala yang dapat dirasakan adalah demam, lemas, mual, muntah, kembung dan kehilangan nafsu makan. Setelah 1 minggu terinfeksi, penderita dapat mengalami jaundice yang ditandai dengan mata dan kulit berwarna kuning disertai gatal, urin berwarna gelap seperti teh dan tinja berwarna pucat. Berbeda dengan hepatitis B dan C yang bersifat kronis, hepatitis A dapat sembuh secara total, tentunya dengan perawatan yang tepat.

Tidak ada obat khusus untuk mengobati penyakit ini, infeksi akan hilang dengan sendiri dan nilai SGOT, SGPT, dan bilirubin akan turun secara bertahap. Rawat inap dibutuhkan untuk memantau kondisi pasien. Obat-obat yang biasanya digunakan bersifat simptomatis, seperti obat demam, mual dan muntah, serta vitamin untuk hati. Makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup harus dilakukan selama proses penyembuhan. Makanan tinggi lemak dan minuman beralkohol harus dihindari, karena dapat memperberat fungsi hati.

Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terinfeksi virus ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan dan mengelola makanan dengan benar. Virus hepatitis dapat terinaktivasi pada suhu 85°C. Selain dengan menjaga kebersihan, vaksinasi juga dapat menjadi pilihan, terutama bagi Sobat yang berisiko tinggi terinfeksi. Vaksin hepatitis A diberikan dalam 2 dosis dengan selang waktu 6-12 bulan dan dapat memberikan perlindungan jangka panjang.

 

Sumber:

Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pengendalian Hepatitis Virus. Jakarta; 2012.

Center for Disease Control and Prevention. Hepatitis A [Internet]. 2015 [cited 2017 Mar 31]. Available from: https://www.cdc.gov/hepatitis/hav/pdfs/hepageneralfactsheet.pdf

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *