Macam-macam Penyakit Kulit

Penyakit kulit sangat beragam jenisnya, mulai dari panu, bisul, cacar, hingga jerawat. Apakah Anda pernah mengalami salah satu diantaranya? Pada umumnya masalah pada kulit terjadi karena infeksi bakteri, virus, atau jamur. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis penyakit kulit yang umum dijumpai:

  1. Bisul

Bisul merupakan benjolan merah di kulit yang berisi nanah dan terasa nyeri bila ditekan atau disentuh. Bisul disebabkan oleh infeksi yang memicu peradangan pada folikel rambut dan sekitarnya. Bisul dapat muncul di bagian tubuh mana saja, namun umumnya bisul terjadi pada kulit yang sering berkeringat dan mengalami gesekan seperti area bokong, paha, pundak, atau leher.

  1. Cacar air

Cacar air disebabkan oleh virus Varicella zoster yang sering terjadi pada anak-anak. Cacar air muncul dengan tanda dan gejala berupa bintik-bintik berwarna kemerahan pada seluruh tubuh termasuk pada wajah, dan gatal. Bintik-bintik ini akan berubah menjadi benjolan berisi cairan yang kemudian akan pecah dan menimbulkan bekas di kulit. Cacar air termasuk penyakit yang sangat menular. Seseorang yang telah mengalami cacar air tidak akan mengalami cacar air untuk kedua kalinya karena tubuh sudah membentuk kekebalan seumur hidup.

  1. Campak (Rubella)

Campak juga disebabkan karena infeksi virus dan mudah menular. Campak biasanya terjadi pada anak-anak dengan gejala berupa demam, pilek, nafsu makan menurun secara drastis, muncul ruam merah dan gatal di kulit yang dapat bertambah besar dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

  1. Eksim (Dermatitis)

Eksim disebabkan karena reaksi alergi terhadap bahan kimia (contohnya: detergen, sabun, atau kosmetik), alergi makanan (contohnya alergi seafood, telur, daging), atau alergi akibat paparan lingkungan seperti debu atau perubahan iklim. Gejala eksim berupa rasa gatal yang berlebihan disertai kemerahan, pecah-pecah, dan bersisik pada kulit. Eksim dapat kambuh bila kembali terpapar alergen, oleh karena itu seseorang dengan eksim disarankan untuk menghindari faktor pencetus alergi.

  1. Impetigo

Impetigo merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Impetigo akan menyeabkan kulit menjadi gatal, merah dan melepuh berisi cairan. Bakteri penyebab infeksi dapat masuk melalui goresan, luka, atau gigitan serangga, oleh karena itu kebersihan menjadi hal yang sangat penting bagi orang yang mengalami impetigo.

  1. Jerawat

Jerawat paling sering muncul pada wajah, namun juga dapat muncul di bagian tubuh lain seperti punggung. Jerawat muncul akibat folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati sehingga memicu peradangan dan penyumbatan pada pori-pori kulit.

  1. Kudis (Scabies)

Kudis disebabkan oleh tungau Sacrcoptes scabei var hominis yang menimbulkan gejala gatal yang sangat hebat terutama di malam hari. Kudis biasanya muncul di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, dan pinggang. Kudis dapat menular baik secara langsung maupun tidak langsung.

  1. Psoriasis

Psoriasis tidak menular, tetapi bersifat menurun (diwariskan). Gejala psoriasis adalah muncul bercak merah dan sisik-sisik yang dapat rontok bila digaruk. Semakin lama psoriasis dapat makin melebar.

  1. Panu

Panu muncul karena adanya infeksi jamur. Panu ditandai dengan bercak di kulit yang terasa gatal pada saat berkeringat. Bercak dapat berwarna putih, coklat, atau merah tergantung warna kulit di penderita. Menjaga kebersihan sangat penting dilakukan dalam pencegahan dan pengobatan panu.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *