Makanan yang Mengandung Lemak

Konsumsi makanan tinggi lemak sering dianggap berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Namun, tahukah anda bahwa kandungan lemak dalam makanan juga diperlukan oleh tubuh? Di dalam tubuh lemak berperan sebagai sumber energi, menjaga tubuh tetap hangat, membantu penyerapan vitamin, serta mendukung kerja hormon bagi tubuh.

Kandungan lemak dalam makanan terdiri dari 3 jenis:

  • Lemak jenuh

Lemak jenuh akan berubah menjadi bentuk padat pada suhu ruang dan sering disebut sebagai lemak jahat. Konsumsi lemak jenuh secara berlebihan dapat menyebabkan hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi), hipertensi, penyakit jantung koroner, serta batu empedu. American Heart Association (AHA) merekomendasikan batasan konsumsi lemak jenuh sebesar 5-6% dari total kalori harian. Jadi, jika jumlah kalori harian anda 2000 kalori, maka batasan konsumsi lemak jenuh adalah 120 kalori atau setara dengan 13 gram lemak jenuh. Lemak jenuh ditemukan pada daging merah seperti daging sapi, domba atau babi, kulit ayam, susu, keju, es krim, mentega, telur, dan minyak kelapa.

  • Lemak trans

Lemak trans secara alami terdapat pada daging dan susu, namun lemak trans juga dapat dihasilkan dari proses industri untuk meningkatkan stabilitas/umur simpan serta memberikan rasa dan tekstur yang baik pada makanan. Lemak trans dapat ditemukan pada kentang goreng atau makanan gorengan lainnya, biskuit, kue, donat, popcorn, krimmer kopi, margarin, serta makanan yang dibekukan. American Heart Association (AHA) merekomendasikan batasan konsumsi lemak trans sebesar 1% dari total kalori harian.

  • Lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh berbentuk cair pada suhu ruang dan berasal dari sayuran, kacang-kacangan, dan ikan. Konsumsi lemak tak jenuh baik bagi fungsi jantung dan direkomendasikan oleh para ahli sebagai pengganti lemak jenuh dan lemak trans. Lemak tak jenuh terdiri dari:

  1. Lemak tunggal, contohnya: alpukat, minyak zaitun, kacang almond, hazelnuts dan kacang-kacangan lainnya.
  2. Lemak ganda, contohnya: jagung, kedelai, minyak biji bunga matahari, walnut, salmon, tuna, sarden, dan makarel.

Sumber:

https://www.webmd.com/diet/guide/types-fat-in-foods#3

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *