Manfaat Timun Untuk Wajah

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa timun merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Tak heran jika banyak wanita yang menggunakan timun sebagai bahan untuk masker wajah. Selain itu, kebaikan manfaat timun bagi wajah juga telah dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan atau kosmetik yang menggunakan ekstrak timun sebagai salah satu bahan utama pembuatannya.

Lima manfaat timun untuk wajah adalah:

  1. Mengurangi bengkak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa timun memang memiliki kemampuan untuk mengurangi pembengkakan pada kulit. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan irisan timun dan meletakkannya pada mata ketika muncul kantung mata atau lingkaran hitam di sekitar mata akibat Anda kelelahan atau kurang tidur. Timun akan mengurangi bengkak sekaligus menyegarkan kulit Anda yang tampak lelah.

  1. Membantu mengurangi jerawat

Munculnya jerawat pada wajah dapat disebabkan oleh kondisi kulit yang berminyak dan penumpukan sel kulit mati yang akhirnya menyumbat pori-pori wajah. Timun bersifat sebagai astringen ringan yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori sehingga dapat membantu mengurangi jerawat.

  1. Mencegah penuaan dini

Timun memiliki sifat antioksidan sehingga dapat mencegah timbulnya kerutan pada wajah. Timun juga memiliki kandungan Vitamin C dan asam folat. Vitamin C memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan sel baru; sedangkan asam folat membantu melawan racun dari lingkungan yang dapat membuat kulit Anda tampak lelah atau menua sebelum waktunya.

  1. Mengatasi iritasi

Efek anti-iritasi dan sensasi sejuk dari mentimun dapat membantu meringankan rasa sakit, kemerahan, dan iritasi yang disebabkan oleh sengatan matahari, gigitan serangga, dan ruam pada kulit.

  1. Mencegah kulit mengalami dehidrasi

Timun dapat membantu melembabkan kulit wajah karena 96% kandungan dalam timun adalah air. Anda dapat mencampurkan timun dengan bahan lainnya seperti madu atau tanaman lidah buaya sebagai masker untuk meningkatkan kelembaban kulit Anda.

Cara paling mudah untuk mengaplikasikan timun pada wajah adalah dengan membuatnya sebagai masker wajah. Masker timun dapat dibuat dengan menghaluskan timun segar yang belum dikupas menggunakan blender  atau food processor hingga halus. Kemudian saring timun yang sudah dihaluskan lalu oleskan secara merata ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan masker menempel di kulit Anda selama 15 menit. Terakhir bilas wajah Anda dengan air dan tepuk-tepuk wajah Anda dengan handuk/kain yang bersih dan lembut hingga kering. Selamat mencoba.

Sumber:https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cucumber-face-mask#diy-recipes

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *