Nilai Normal Asam Urat

Pernahkah anda melakukan pemeriksaan kadar asam urat di dalam darah? Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Purin dihasilkan dari pemecahan sel tubuh yang telah rusak atau berasal dari makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin seperti kacang-kacangan, emping, hati, seafood (sardine dan kerang), daging merah, dan minuman beralkohol.

Secara normal asam urat akan disaring oleh ginjal lalu dikeluarkan melalui urin. Adanya gangguan pengeluaran asam urat dari dalam tubuh, konsumsi makanan yang kaya akan purin secara berlebihan, serta efek samping kemoterapi dapat menyebabkan kondisi hiperurisemia, yaitu peningkatan kadar asam urat di dalam darah. Hiperurisemia sering tidak memunculkan gejala. Oleh karena pemeriksaan kadar asam urat penting dilakukan karena hiperurisemia yang tidak diatasi dapat menyebabkan komplikasi berupa pembentukan batu ginjal dan gout. Gout adalah penumpukan kristal asam urat yang terjadi pada sendi-sendi tangan atau kaki. Gejala gout antara lain sendi terasa nyeri, panas, dan bengkak; sedangkan gejala batu ginjal antara lain nyeri tajam pada perut dan pinggang, merasa sering ingin buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, dan munculnya darah pada urin. Pembentukan kristal asam urat dapat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah > 7 mg/dl.

Kadar asam urat diketahui melalui pemeriksaan laboratorium yang meliputi:

  1. Pengukuran asam urat dalam darah

Sampel darah untuk pengukuran diambil dari vena. Nilai normal asam urat dalam darah adalah 2,4 – 6,0 mg/dl pada perempuan dan 3,4 – 7,0 mg/dl pada laki-laki.

  1. Pengukuran asam urat dalam urin

Sampel urin diperoleh dari pengumpulan urin selama 24 jam. Nilai normal kadar asam urat dalam urin adalah 250-750 miligram atau 1,48-4,43 milimoles (mmol) per total sampel urine selama 24 jam. Apabila nilai asam urat anda diatas normal, dokter mungkin akan meminta anda untuk membatasi asupan makanan yang mengandung tinggi purin lalu melakukan pemeriksaan kembali. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab peningkatan nilai asam urat.

Rujukan nilai normal asam urat dapat bervariasi antar laboratorium, namun anda tidak perlu khawatir karena rujukan nilai normal yang digunakan oleh laboratorium tersebut akan dicantumkan pada hasil pemeriksaan nilai asam urat anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *