Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Berbagai macam jenis virus dapat menginfeksi tubuh kita. Infeksi virus dapat terjadi pada berbagai bagian dari tubuh, mulai dari saluran pernapasan contohnya yang paling sering kita jumpai adalah flu; infeksi pada organ hati, bahkan pada sistem kekebalan tubuh kita. Nah, berikut ini merupakan jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus:

  • Infeksi virus pada saluran pernapasan

Contohnya adalah penyakit flu, infeksi adenovirus, parainfluenza, dan severe acute respiratory syndrome (SARS) contohnya Covid-19. Gejala infeksi virus pada saluran pernapasan antara lain: hidung berair, batuk atau bersin, demam, dan badan terasa pegal/linu. Penularan virus terjadi melalui percikan liur saat batuk atau bersin, atau melalui permukaan benda yang terkontaminasi. Infeksi virus pada saluran pernapasan umumnya akan sembuh dengan sendirinya, tetapi beberapa obat seperti dekongestan nasal, obat batuk atau pereda nyeri juga mungkin diperlukan.

  • Infeksi virus pada saluran pencernaan

Kondisi infeksi ini sering disebut dengan Gastroenteritis, gejala yang muncul berupa nyeri perut, diare, mual, dan muntah. Beberapa jenis virus yang menginfeksi adalah nonovirus, rotavirus, beberapa adenovirus, dan astrovirus. Penularan virus terjadi melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi feses yang mengandung virus. Tidak ada pengobatan spesifik untuk gastroenteritis, umumnya penyakit ini akan membaik dalam 1-2 hari, dan yang harus dilakukan adalah memperbanyak minum untuk mencegah dehidrasi.

  • Infeksi virus pada kulit

Umumnya menyebabkan ruam pada kulit. Contohnya adalah Campak, Campak jerman, Cacar air, Chikungunya, dan Herpes. Penyakit akibat virus ini dapat dicegah melalui pemberian vaksin; sedangkan penyakit chikungunya dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk.

  • Infeksi virus pada hati

Inveksi virus pada hati akan menyebabkan peradangan pada hati yang dikenal dengan hepatitis. Jenis hepatitis yang paling umum adalah Hepatitis A, B, dan C.

  • Infeksi virus pada sistem peredaran darah

Gejala yang muncul berupa demam tinggi, pegal-pegal, perdarahan di bawah kulit, perdarahan melalui hidung, mulut, atau organ dalam . Contoh penyakitnya adalah Ebola, Dengue fever, dan  Yellow fever.

  • Infeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh

Penyebabnya adalah HIV (human immunodeficiency virus), bila tidak ditangani dengan tepat HIV akan menyebabkan penyakit AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).

  • Infeksi virus pada sistem saraf

Beberapa virus dapat menginfeksi otak dan menyebabkan gangguan saraf sehingga memunculkan gejala berupa demam, kebingungan, kejang, hingga gangguan koordinasi. Contoh penyakitnya antara lain: Polio, Meningitis karena virus, Encephalitis karena virus, dan Rabies.

Sumber: https://www.healthline.com/health/viral-diseases#contagiousness

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *