Sakit Perut Bagian Bawah Kiri

Keluhan sakit perut bagian bawah kiri sering dikaitkan dengan gangguan pencernaan. Namun, ternyata tidak selalu demikian. Pada perut bagian bawah kiri terdapat beberapa organ, antara lain: usus halus, usus besar, rektum (saluran dari usus besar menuju dubur), tuba falopi dan ovarium kiri. Lalu apa saja penyebab sakit pada perut bagian bawah kiri?

  1. Konstipasi

Konstipasi atau susah buang air besar (BAB) ditandai dengan frekuensi BAB yang lebih sedikit daripada biasanya dengan feses yang keras. Ketika usus besar dipenuhi dengan feses yang keras tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

  1. Diare

Diare biasanya juga disertai dengan nyeri pada perut termasuk bagian bawah kiri. Nyeri pada diare umumnya akan mereda setelah BAB.

  1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS adalah gangguan usus besar yang ditandai dengan kram/nyeri perut, kembung, diare dan konstipasi.

  1. Radang Usus Besar

Gangguan ini terjadi akibat dinding usus besar mengalami peradangan. Gejala yang dapat timbul selain sakit perut adalah diare, kelelahan, berat badan yang menurun, hingga feses yang keluar berdarah atau berlendir.

  1. Kanker usus besar dan rektum

Gejala pada kanker usus besar dan rektum atau disebut kanker kolorektal antara lain nyeri dan rasa tidak tuntas ketika BAB.

  1. Infeksi ginjal

Nyeri pada infeksi ginjal dapat muncul di sepanjang saluran kencing. Selain nyeri gejala lainnya berupa sering buang air kecil dan demam.

  1. Batu saluran kencing

Nyeri akan muncul ketika batu yang terbentuk di ginjal bagian kiri keluar melalui saluran kencing menuju ke kandung kemih. Nyeri akibat batu ginjal juga dapat disertai dengan keluarnya darah pada urin.

  1. Ovulasi

Ovulasi atau masa subur juga dapat ditandai dengan nyeri atau kram. Pada umumnya ovulasi juga disertai dengan mual dan keputihan.

Anda harus segera ke dokter bila mengalami:

  • Nyeri yang sangat hebat dan tidak kunjung membaik
  • Keluhan disertai demam, muntah dan diare terus menerus
  • Perut tampak membesar atau buncit
  • Terdapat darah pada feses

Sumber: https://patient.info/signs-symptoms/left-lower-quadrant-pain

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *