Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Keluhan sakit perut sebelah kanan atas cukup sering dialami oleh banyak orang. Intensitas nyeri pun beragam, mulai dari nyeri ringan sampai nyeri berat yang membutuhkan pertolongan di fasilitas kesehatan. Berdasarkan anatominya, pada perut sebelah kanan atas terdapat beberapa organ pencernaan. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan fisik, laboratorium, hingga USG atau CT scan untuk memastikan penyebab munculnya nyeri tersebut.

Berdasarkan penyebabnya sakit perut sebelah kanan atas dikategorikan menjadi:

  • Nyeri yang berasal dari gangguan organ pencernaan

Liver/ Hati

Gangguan pada hati disebabkan oleh infeksi dan non infeksi. Gangguan hati akibat infeksi yaitu  Hepatitis A, B, C, D dan E; sedangkan gangguan akibat non infeksi antara lain kerusakan hari akibat konsumsi alkohol berlebihan, kanker hati dan gangguan autoimun. Selain merasakan nyeri pada perut sebelah kanan atas, seseorang juga dapat mengalami mual, muntah, jaundice (kulit dan mata tampak kuning), perut terasa sebah dengan adanya ascites (cairan pada rongga perut) atau tidak.

Empedu

Nyeri dapat disebabkan oleh cholelithiasis (adanya batu pada empedu atau saluran empedu yang terbentuk dari kolesterol, pigmen dan kalsium) , cholecystitis (peradangan pada kantung empedu yang disebabkan oleh adanya batu sehingga memunculkan infeksi bakteri), atau cholangitis (infeksi atau inflamasi pada saluran empedu. Apabila terjadi infeksi maka gejala demam dapat menyertai keluhan nyeri pada perut sebelah kanan atas. demam, mual, muntah, feses berwarna keputihan, hingga sakit kuning.

Pankreas

Peradangan pada pankreas (pankreatitis) ditandai dengan nyeri lokal yang konstan, menjalar hingga ke punggung, mual, muntah dan nafsu makan menurun. Penyebab nyeri pada gangguan pankreas lainnya adalah kanker yang ditandai dengan penurunan berat badan dan jaundice.

Usus dua belas jari (Duodenum)

Tukak duodenum memunculkan gejala berupa nyeri pada ulu hati, kembung, dan mual.

 

  • Nyeri yang berasal dari organ selain organ pencernaan

Nyeri dapat berasal dari terbantuknya masa atau batu pada ginjal bagian kanan, komplikasi kehamilan, gangguan paru-paru seperti pneumonia dan efusi pleura, gangguan jantung berupa nyeri dada, atau sindrom koroner akut; serta gangguan pada otot dinding perut atau dada.

 

Apabila keluhan nyeri tidak segera membaik atau bahkan bertambah parah, nyeri perut diikuti dengan buang air besar berdarah, mual dan muntah berkelanjutan, kulit dan mata berwarna kuning, dan perut membesar tanpa sebab yang jelas sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Sumber: Avegno, J. dan Matthew C., 2016, Evaluating the Patient with Right Upper Quadrant Abdominal Pain, EmrgMed Clin N Am, 34: 211-228.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *